Senin, 21 Januari 2013

Film Zero Dark Thirty # Tulisan 4 Softskill #

Jenis Film : Drama, Thriller
Pemain : Joel Edgerton, Jessica Chastain, Mark Strong, Edgar Ramirez, Jason Clarke, Chris Pratt
Sutradara : Kathryn Bigelow
Tanggal Tayang : 13 Februari 2013
Tayang Internasional : 19 Desember 2012
Distributor : Sony Pictures
Film yang mengisahkan 10 tahun perjalanan tim intelijen dan militer yang bekerja sama untuk satu tujuan: menemukan dan menangkap Osama bin Laden.
“Zero Dark Thirty” yang bercerita tentang perburuan Osama bin Laden berada di puncak box office selama akhir pekan dengan pendapatan US$24 juta dari penjualan tiket di AS dan Kanada.
Film yang dibintangi oleh Jessica Chastain itu mengungguli film horor “A Haunted House”, yang mengantongi pendapatan total US$18,8 juta.
Sementara drama tentang dunia gelap para gangster, “Gangster Squad,” menempati posisi ketiga dengan pendapatan US$16,7 juta selama Jumat(11/1) sampai Minggu(13/1).
“Zero Dark Thirty” diluncurkan oleh studio film Sony Corp dan “Gangster Squad ” didistribusikan oleh Warner Bros, unit dari Time Warner Inc.
Sementara “A Haunted House” diluncurkan oleh Film Open Road, perusahaan patungan antara pemilik teater Regal Entertainment Group dan AMC Entertainment Inc.
Tak lama setelah dirilis di bioskop AS, film 'Zero Dark Thirty' arahan sutradara Kathryn Bigelow menuai reaksi dari berbagai kalangan. Salah satunya datang dari Acting Director Central Intelligence Agency (CIA) Michael Morell.
'Zero Dark Thirty' adalah film action thriller yang bercerita tentang perburuan Amerika Serikat untuk menemukan sosok yang dianggap paling berbahaya di dunia, Osama bin Laden. Biasanya, Morell enggan berkomentar tentang film Hollywood yang mengaitkan CIA dalam ceritanya, namun 'Zero Dark Thirty' adalah pengecualian.
Film ini menggambarkan secara grafis petugas CIA berulang kali menyiksa tahanan, yang kemudian memberikan informasi penting untuk menuntun ke persembunyian Osama. Menurut Morell, film tersebut memiliki sisi artistik yang signifikan, namun banyak dramatisasi dari fakta sesungguhnya.
"Apa yang aku ingin kalian tahu adalah, 'Zero Dark Thirty' merupakan dramatisasi dan bukan gambaran realistis dari fakta-fakta. CIA berinteraksi dengan pembuat film melalui kantor Public Affairs kami, tapi seperti halnya interaksi dengan setiap proyek hiburan, kita tidak mengontrol hasil akhir," ucapnya dalam surat terbuka.
Morell juga mengungkapkan teknik interogasi dalam film tersebut 'palsu'. Dia juga mengingatkan para anggota CIA bahwa film tersebut bukan dokumenter.

'Zero Dark Thirty' telah diputar secara terbatas di sejumlah bioskop pilihan di AS pada 19 Desember lalu. Film tersebut juga mendapatkan kritik dari mantan kandidat Presiden AS John McCain.
Film Zero Dark Thirty terpilih menjadi film terbaik versi American Film Institute (AFI). Film bergenre trhriller ini digarap secara apik oleh Kathryn Bigelow yang bercerita tentang perburuan Osama Bin Laden.
Dikutip dari Associated Press, hari ini, film ini terpilih bersama 9 film lainnya, seperti film epik perang sipil berjudul Lincoln, garapan Steven Spielberg dan rangkaian terakhir dari serial Batman karya Christopher Nolan, The Dark Knight Rises. Organisasi nirlaba yang didirikan tahun 1967 ini juga memilih Argo, besutan Ben Afflect. Film ini mengangkat kisah nyata tentang krisis penyanderaan di Iran.

Sumber :
http://anaknonton.com/index.php/main/detil/1041.htm
http://www.kabar24.com/index.php/film-perburuan-osama-zero-dark-thirty-rajai-box-office/
http://hot.detik.com/movie/read/2012/12/26/165249/2127180/229/direktur-cia-sebut-film-zero-dark-thirty-tak-akurat
http://cekricek.co.id/film/item/571-zero-dark-thirty,-film-terbaik-versi-american-film-institute.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar