Nama Penulis / Tahun
BASU SWASTHA DHARMMESTA/1999
Judul Penelitian Loyalitas pelanggan : sebuah kajian konseptual sebagai panduan bagi peneliti
Sumber Jurnal / URL Jurnal ekonomi dan bisnis Indonesia 1999
vol 14, no. 3,73-88
Universitas Gajah Mada
Masalah / Tema / Topik
1.Bagaimana mengidentifikasi pelangga yang loyal pada merek ?
2.Paritas merek (brand parity) menjadi tantangan bagi pemasar untuk mengatasinya
Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui seberapa loyal pelanggan terhadap barang bermerek
Teori-teori yang digunakan
-Pemasaran
-Perilaku Konsumen
Metode-metode Penelitian Objek Merek dan atribut produk
Jenis Data
-Data Primer
-Data Sekunder
-Daftar Pustaka
Model/teori yang di uji
St = b0 + b1Perf t + b2Et + b3St-1 + Trend + n1
St = kepuasan pada period t
Perft = kinerja (perilaku pada tingkat perusahaan) pada periode t
Et = pengharapan tentang kinerja pada periode t
Trend= faktor trend standard untuk memperhitungkan perubahan kepuasan dari tahun ke tahun
n1 = variabel random yang terdistribusi secara independent dan identik dengan rata-rata nol dan varians terbatas.
Kesimpulan dan Keterbatasan
Kesimpulan Loyalitas merek yang dikembangkan mencakup semua aspek psikologis konsumen secara total agar tidak mudah berubah . Konsumen yang loyal merek akan bergantung pada kategori produknya. Sebagai contoh konsumen yang loyal pada obat tradisional tidak akan loyal pada obat non-tradisional. Oleh karna itu pemasar perlu memperkirakan loyalitas merek untuk kategori khusus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar