Selasa, 22 November 2011

review jurnal

Nama Penulis / Tahun
BASU SWASTHA DHARMMESTA/1999
Judul Penelitian Loyalitas pelanggan : sebuah kajian konseptual sebagai panduan bagi peneliti
Sumber Jurnal / URL Jurnal ekonomi dan bisnis Indonesia 1999
vol 14, no. 3,73-88
Universitas Gajah Mada

Masalah / Tema / Topik
1.Bagaimana mengidentifikasi pelangga yang loyal pada merek ?

2.Paritas merek (brand parity) menjadi tantangan bagi pemasar untuk mengatasinya

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui seberapa loyal pelanggan terhadap barang bermerek

Teori-teori yang digunakan
-Pemasaran
-Perilaku Konsumen
Metode-metode Penelitian Objek Merek dan atribut produk

Jenis Data
-Data Primer
-Data Sekunder
-Daftar Pustaka

Model/teori yang di uji



St = b0 + b1Perf t + b2Et + b3St-1 + Trend + n1

St = kepuasan pada period t

Perft = kinerja (perilaku pada tingkat perusahaan) pada periode t

Et = pengharapan tentang kinerja pada periode t

Trend= faktor trend standard untuk memperhitungkan perubahan kepuasan dari tahun ke tahun

n1 = variabel random yang terdistribusi secara independent dan identik dengan rata-rata nol dan varians terbatas.

Kesimpulan dan Keterbatasan
Kesimpulan Loyalitas merek yang dikembangkan mencakup semua aspek psikologis konsumen secara total agar tidak mudah berubah . Konsumen yang loyal merek akan bergantung pada kategori produknya. Sebagai contoh konsumen yang loyal pada obat tradisional tidak akan loyal pada obat non-tradisional. Oleh karna itu pemasar perlu memperkirakan loyalitas merek untuk kategori khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar